Cara Menggunakan Mesin Fax

jasacctv

Bagi orang yang baru pertama kali menggunakan mesin fax/facsimile/faximili memang sangat membingungkan cara menggunakan mesin fax. Pada tulisan ini akan dijelaskan cara menggunakan mesin fax.

Menghidupkan/turn on mesin fax

Mesin fax yang ada di Indonesia semua menggunakan power konsumsi 220 V ac 50-60Hz sesuai dengan tegangan PLN. Masukan steker pada stop kontak listrik yang tersedia. Mesin fax akan hidup dan lihat pesan di layar display yang akan di front panel. 

Pesan yang ada dilayar display      *untuk dengan thermal paper

OPEN COVER/OUT OF PAPER   buka cover dan masukan kertas sesuai dengan petunjuk yang ada di tempat meletakan kertas.

PRESS START tekan tombol START perhatikan mesin bekerja, untuk mesin fax yang menggunakan cutter mesin akan memotong kertas dan yang tidak ada pemotong hanya keluar kertas saja.

10 : 35 AM  mesin fax sudah stanby

langkah berikutnya masukan jack telefon dimesin dibagian yang tertulis Line, lalu coba angkat gagang handset atau tekan tombol sp-phone/monitor dengarkan nada tone, apabila ada nada tone berarti mesin sudah siap untuk digunakan.

Mengirim Dokumen atau naskah / Kirim fax

Cara Pengiriman ada dua cara :

1.  Manual  *

  • siapkan dokumen yang akan dikirim
  • masukan dokumen secara face down /tulisan membelakangi si pengirim
  • angkat handset/tekan tombol sp-phone/monitor akan terdengar tone
  • masukan nomor fax tujuan
  • apabila sudah terdengar nada fax / beef panjang, tekan tombol start
  • mesin fax akan bekerja, dan tunggu sampai dokumen terkirim
  • dan display  X DOCUMENT SENT     X adalah banyaknya dokumen
      *cara ini digunakan bila nomer yang dituju belum pasti terhubung dengan mesin fax atau posisi penerima di set dengan Tel mode, karena banyak pengguna yang memakai nomer fax sekaligus sebagai nomer telefon.
2. Otomatis  **
  • siapkan dokument yang akan dikirim
  • masukan dokumen secara face down /tulisan membelakangi si pengirim
  • masukan nomer tujuan dan tekan start
  • mesin fax akan bekerja, dan tunggu sampai dokumen terkirim
  • dan display  X DOCUMENT SENT     X adalah banyaknya dokumen

**cara ini dilakukan apabila nomer tujuan memang khusus untuk fax untuk mesin lama tipe Vxx tidak perlu tekan start.

Menerima Dokumen fax

1. Manual

cara manual digunakan apabila seseorang menggunakan dua fungsi fax dan telefon, untuk langkah ini seseorang mensetting TEL untuk RECEIVE MODE.

Bila terdengar nada dering angkat hanset/tekan sp-phone pastikan apakah suara manusia atau beef panjang fax, jika suara manusia lanjutkan pembicaraan bila beef panjang fax tekan start, display RECEIVING dan kiriman akan dicetak.

untuk mesin fax yang mempunyai fasilitas friendly reception dan mengaktifkannya/posisi “on” tidak perlu tekan START cukup letakan handset pada tempatnya dokumen akan di cetak secara otomatis.

2. Otomatis

cara ini digunakan mesin memang khusus untuk menerima dokumen, cukup aktifkan RECEIVE MODE pada posisi “on”  atau pada posisi FAX ONLY

 

bagi pengguna baru selamat menggunakan mesin anda…..

226 Responses

  1. kenapa ada tulisan no fax reply

  2. Mas sy menggunkan mesin fax brother personal 235, mesin tidak bisa dipakai untuk mengirim fax, selalu keluar tulisan check document/remove document. tapi bisa untuk menerima fax. Mohon untuk dapat memberikan solusi nya thks

  3. sore pak, saya ada masalah dengan mesin fak saya panasonik kx-ft933, jadi mesin ini bisa terima fak dari nomor non lokal, akan tetapi tidak bisa menerima fak dari nomor lokal. exc. posisi saya di palangka 0536.3223085 jika ada fak dari pangkalan bun dg no fak 0532.23043 fak saya bisa menerima, akan tetapi jika sama2 dari kota palangkaraya sama sekali tidak bisa. dan yang anehnya saya coba menelpon ke mesin fak tersebut pakai telpon telkom nomor lokal masih bisa masuk dengan ada nada dering di mesin fak. kira-kira masalah fak saya itu di mana ya pak…? terima kasih.

  4. mohon infonya gan…

    1. bagaimana cara mengatasi fax in memory 5 .——-> faild pick up pada mesin fak panasonic FL612 laser.

    2. bagaimana cara setting agar penerimaan telepon secara manual. saat ini jika di tlp 1 kali nada dering langsung tersambung ke fax.

  5. mas saya mau tanya, mesin fax yang saya gunakan panasonic KX-FT933 kenapa ya klo terima sama kirim fax bisa tapi kalo saya gunakan bca by phone printan hasilnya ko ga ke luar,jadi di display mesin fax nya conneting tp abis itu lgsg terputus

  6. Selamat pagi pak… Saya salah satu pengguna dari Mesin Fax KX-F580. saya mau menanyakan apakah kita bisa mengecek kembali bukti pengiriman fax di 3 bulan terakhir?? bagaimana caranya?? terima kasih

  7. mas mau tanya saya pake mesin fax KX-FT71..beberapa kali ada yang ngirim fax tapi tidak masuk, itu kenapa ya?terimakasih

  8. Mau tanya pak/mas, saya pakai fax panasonic KX FT933, tadi habis baru ganti kertas sekarang kok muncul pesan Fax in memory, kemudia muncul pesan cover open, dan sekarang tidak dapat digunakan untuk menerima atau mengirim fax, bagaimana solusinya

  9. Mas tolong bales ya, saya mau nanya gimana caranya pas kita terima kiriman fax, trs dapet report notification ttg kiriman tsb? Contohnya: muncul nomor pengirim, waktu dsb.

  10. Saya baru beli mesin fax panasonic kx-ft 503, saya test coba kirim fax mesin bilang “nomor yg anda tuju belum terpasang” begitu pula kalau saya test kirim fax.

    Apakah perlu ada yang saya setting?

    Terima kasih

  11. aslkm.. mau tnya cara mengunci telpn ini agar tidak bisa dipakai bagaimana ya.

  12. mau tanya ..mesin fax sy kx-fp711 ada fax masuk tapi tidak tercetak dan tersimpan di memori ..posisi kertasnya mempengaruhi gk ya ..trus posisi kertas yg benar gmn ..trimz

  13. Pak saya mau menanyakan, mesin fax yg saya gunakan KX-FT933 Jika mau mengirim fax ke luar bisa dan di telpon ke no fax saya pun masuk. Tapi kenapa orang lain (sudah banyak) yang ngirim fax tapi tidak masuk-masuk fax nya ke saya?? kira2 knapa gitu ya pak

  14. Hello,

    Mau tanya donk
    untuk fax type laser kx-fl612

    Kalau sudah terkirim fax, mau keluarin bukti laporannya terkirim / ga bagaimana ya?

    terimakasih banyak ya.

  15. pak. saya mau tanya. caranya mengecek nomor fax gimana ya ?
    seandainya kalau lupa

  16. Kalau kita masukkan nombor fax. Bila kertas sedia diproses, nombor yang kita masukkan tadi berubah kepada nombor lain. Adakah itu normal kerana penggunaan banyak nombor fax?
    Mohon penjelasan

  17. mau tanya, kalau terima telpon dari luar, suara dari lawan bicara sangat kecil. Bagaimana cara menambah volume suara agar percakapan bisa terdengar dengan jelas?

  18. Min mau tanya mohon dijawab ya penting bgt, perbedaan fax panasonic 701 sama 206 apa trs kalo panjang dr carbon fax masing masing brp, trims

  19. mau ty, biasanya sy cek bca by phone via fax lancar tp akhir’ ini rewel, setelah transaksi selesai kertas mau keluar ternyata gak bisa dan selalu ada tulisan please pick up terus putus jadi kertasnya gak bisa keluar, apa yg hrs dilakukan??

  20. mas saya punya fax panasonic kx-ft503 cara pengunaaya untuk mengirim fax dan menerima fax g mana mas? tolong di infokan secepatnya yaa mass.. makasih

  21. Mas saya mau tanya, mesin fax saya tidak bisa menerima data dari luar. Pada display monitornya ada tulisan “Ringer off”, maksudnya bagaimana ya? mohon bantuannya mas?. Mesin Fax yg saya gunakan Panasonic KX-FHD701

  22. mau tanya,, saya menggunakan fax panasonic kx-ft71… setiap saya mengirim fax ,, kenapa yah kertas fax selalu keluar .. padahal saya tidak menerima fax … mohon bantuannya … terima kasih

  23. Untuk kertas hvs yang digunakan pada Fax KX-FP 701, idealnya memakai ketebalan kertas berapa, 70 atau 80 ?

  24. mas saya punya mesin fax, panasonic KX-FT983, setiao mau ngirim fax, kertasnya selalu masuk sendiri, padahal belum di pencet start dan belum di pencet nomer , sedikit sedikit masuknya, kira kira yang rusak apanya yah mas,

    terimakasih

  25. Selamat siang…saya boleh tanya tidak??apa ada kesalahan pada mesin fax saya apa pada BCA nya,,krna ketika saya mencoba men cek mutasi BCA..memasukkan semua yang di perintahkan seperti no rek,,password dan tanggal hari yang di inginkan,,
    dan ketika saya menekan START,,cek Mutasi itu tidak keluar seutuhnya bsa di bilang terpotong..mohon bantuan nya yaa,,saya sudah menelfon dan menyuruh orang yang benar2 ngerti mesin fax tetap ajj dia mngatakan dari BCA nya,,hanya itu saja,,,saya urgent sekali,,Terima Kasih ^_^

  26. cara mengetahui yang telpon di mesin fax bagaimana ya?

  27. mau tanya Saya pakain mesin fax panasonik KX-FT983 , tidak bisa di pakai telpon ke luar . tertera di monitor junk fax on? itu kenapa ya?

  28. Halo pak, saya mau tanya mesin fax saya tipe Panasonix KX-FT933 tidak bisa menerima fax. keterangannya diakhir ada tulisan transmit error. kira2 apa penyebabnya ya? saya coba ganti menggunakan telepon biasa, untuk terima dan tlp bisa.

    Mohon bantuannya

tanggapan dan komentar

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 990 other followers